Jumat, 25 Agustus 2017

PENANGGULANGAN PEMBOBOLAN PASSWORD SAMBA



Dalam artikel ini saya akan membahas mengenai pengertian , fungsi, serta cara penanggulangan pembobolan password samba. Mari disimak ya teman-teman :)
 
 
Pengertian Samba
          Samba atau Server Message Block disingkat SMB adalah istilah bahasa Inggris dalam teknologi informasi yang mengacu kepada protokol client/server yang ditujukan sebagai layanan untuk berbagi berkas (file sharing) di dalam sebuah jaringan. Protokol ini seringnya digunakan di dalam sistem operasi Microsoft Windows dan IBM OS/2. Samba (Server Message Block) adalah protocol file sharing dan printer sharing untuk menyaingi protokol yang telah ada yakni Novell’s IPX-based. SMB ini merupakan protokol file sharing dan printer sharing pertama yang dapat berjalan pada multi protokol : TCP/IP, NetBEUI, IPX/SPX. Dengan kata lain SMB server dapat menggantikan posisi Novell server tanpa harus merubah infrastruktur dari jaringan.
            Samba salah satu aplikasi di mesin UNIX dan turunannya yang mengimplementasikan protokol SMB atau Server Message Block. Pada mayoritas sistem operasi, protokol SMB digunakan dalam jaringan client-server, sehingga memungkinkan antar sistem operasi yang berbeda tersebut dapat saling berkomunikasi, seperti misalnya bertukar data, akses printer secara bersama, hingga digunakan sebagai jalur login ke suatu server domain.
Fungsi SMB adalah sebagai protokol yang digunakan untuk membagi data (sharing file), baik dari perangkat CD-ROM, harddisk, maupun perangkat output seperti printer dan plotter untuk dapat digunakan bersama-sama. 

Fungsi dan Jenis Pesan Samba
SMB memiliki beberapa fungsi umum yang dirangkum seperti berikut :
1.       Membuka dan menutup koneksi antara SMB Client (disebut sebagai redirector) dan SMB Server  (komputer yang menjalankan file and print services) untuk mengizinkan client agar dapat mengakses sumberdaya di dalam jaringan
2.       Menemukan, membaca, dan menulis berkas dalam sebuah file server
3.       Menemukan dan menggunakan alat pencetak yang digunakan bersama-sama untuk mencetak secara jarak jauh

SMB memiliki 4 jenis pesan (message) seperti berikut :
1.       Session Control Message, digunakan untuk membuka atau menutup sebuah koneksi antara redirector dengan server
2.       File Message, digunakan oleh redirector untuk memperoleh akses terhadap berkas yang berada di dalam server
3.       Printer Message, digunakan oleh redirector untuk mengirimkan data ke sebuah antrian alat pencetak (print queue) yang terdapat dalam server
4.       Message, mengizinkan aplikasi untuk saling bertukar pesan dengan komputer lainnya

Cara penanggulangan pembobolan password samba :
1.       Enkripsi suatu data/file anda, untuk meninimalisir dari serangan hacker. agar si hacker percuma dalam pengambilan data anda.
2.       Buatlah password yang kuat/unik agar hacker susah untuk menebak atau membobol password pada account anda.
3.       Selalu waspada dalam mensharing file atau menerima file dari protocol lain.

Mungkin cukup dulu informasi dari saya, sampai jumpa di informasi berikutnya. 
Terima kasih sudah mampir di blok saya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar